Jelajah
IMG-LOGO

JAJANAN LEDRE BENTUK UNIK JAJANAN DUSUN KARANGWATU PUCUNGREJO

Create By 13 June 2022 233 Views

Ledre pisang atau Ledre laweyan ini merupakan kuliner berasal dari khas Solo sejak tahun 1984 yang lalu. Pembuat ledre legendaris ini awalnya seorang ibu yang tinggal di Laweyan, Solo. Karena pembuatannya pertama kali di daerah Leweyan inilah, kuliner legit satu ini disebut sebagai ledre laweyan.

Kuliner tradisional Ledre Pisang bisa kita jumpai di desa pucungrejo, Ledre yang ada sekarang ini merupakan hasil modifikasi. Dahulu, Ledre dibuat dari ketan mentah yang dipanggang di atas wajan lalu ditambah degan santan. Setelah matang, pisang lalu ditambahkan sebagai topping. Kemudian untuk ledre pisang sekarang ini sudah menggunakan ketan yang sudah matang untuk mempercepat waktu pembuatan. Selain lebih cepat, ledre dengan ketan matang ini memiliki tekstur yang lebih empuk dan lebih enak.

Cara pembuatan ledre leweyan ini tidaklah sulit. Bahan utamanya adalah beras ketan, santan dan juga pisang. Beras ketan yang telah direndam dimasak seperti nasi lalu diberi santan kental. Setelah matang dicampur dengan parutan kelapa muda. Ketan yang sudah matang tadi dibakar di atas loyang ataupun wajan sambil ditekan menjadi pipih, lalu diisi dengan pisang raja yang telah dihaluskan dan bisa ditambahkan dengan coklat ataupun gula pasir.

Lokasi Membeli Ledre pisang bisa dipesan secara langsung di dusun wayang / dusun karangwatu desa pucungrejo kecamatan Muntilan kabupaten Magelang. Lokasi tepatnya berada di gang intan RT 01 RW 03 Rumah Ibu Yuni atau Rumah Bapak Mamik.