Jelajah
IMG-LOGO

SOSIALISASI RUANG KOMUNITAS DIGITAL DESA & PENGUATAN KAPASITAS RKDD

Create By 17 July 2023 180 Views

PUCUNGREJO – Pada hari Kamis (15/6) Bertempat di ruang Smart City Pemerintah Desa Pucungrejo telah dilakukan sosialisasi Ruang Komunitas Digital Desa (RKDD) & Penguatan Kapasitas RKDD bersama Koordinator Tim Digital Desa/Sekretaris Desa–Muh Yuliyanto,  Duta Digital–Kun Azka Mazidatil Aula, dan Kader Digital Desa Pucungrejo–Arinda Lovita Fendisty. Dimana sosialisasi ini dihadiri oleh perwakilan semua komponen masyarakat di Pemerintah Desa Pucungrejo yang meliputi Perangkat dan staff desa Pucungrejo, Bumdes, Relawan Digital Desa Pucungrejo, PKK Milenial, Pendamping Lapangan Desa, serta unsur masyarakat yang lain. 

 

 

Pada sosialisasi Ruang Komunitas Digital Desa & Penguatan Kapasistas RKDD ini Koordinator Tim Digital Desa dan Duta Digital menyampaikan bahwa di Desa Pucungrejo termasuk salah satu Desa Cerdas, syarat terbentuknya Desa Cerdas yaitu adanya tata kelola cerdas, masyarakat cerdas, lingkungan cerdas, hidup cerdas. Ekonomi cerdas, dan mobilitas cerdas. Desa cerdas bertujuan untuk memanfaatkan tekonologi digital dalam upaya mendorong peningkatan kualitas layanan dasar serta pembangunan desa berbasis pemberdayaan masyarakat yang inklusif dan berkelanjutan, Desa Pucungrejo terdapat beberapa inovasi-inovasi teknologi yang diunggulkan. Adapun inovasi-inovasi teknologi Desa yang diunggulkan yaitu Internet Dusun dan RT/RW, Anjungan Layanan Mandiri, e-Layanan Desa Pucungrejo, Penerbitan Akta Kematian Cepat, e-Catalog UMKM, I-rus Desa Pucungrejo, Smart Card Posyandu.

 

 

Desa Cerdas (Smart Village) diharapkan mampu meningkatkan kualitas hidup masyarakat desa melalui pemanfaatan teknologi dalam berbagai aspek, dan mengembangkan inisiatif berbasis komunitas dalam memanfaatkan teknologi informasi bagi masyarakat pedesaan. Maka dari itu peran internet sangat penting dalam pembentukan Desa Cerdas yang bertujuan untuk mewujudkan semua tujuan tersebut maka sangat perlu dibentuk Ruang Komunitas Digital Desa (RKDD). RKDD merupakan ruangan yang dapat dimanfaatkan oleh relawan digital untuk berdiskusi, belajar, menciptakan solusi-solusi inovatif berbasis teknologi digital sebagai sarana meningkatkan beberapa keterampilan masyarakat-masyarakat dalam mengelola potensi sumber daya desa.