Jelajah
IMG-LOGO
Berita Lokal

KHATAMAN DAN PERINGATI NUZULUL QUR’AN DI DUSUN KENDAL GROWONG, TRADISI DI AKHIR RAMADHAN

Create By arinda 28 April 2022 248 Views
IMG

Pucungrejo- Bulan Ramadhan merupakan bulan yang penuh rahmat dan ampunan. Umat muslim dianjurkan untuk mengerjakan berbagai amal sholeh, salah satunya mengkhatamkan Al-Qur’an. Secara umum, khatam Al – Qur’an merupakan kegiatan membaca Al-Qur’an yang dimulai dari surah Al-Fatihah hingga surah An-nas. Membaca Al-Qur’an bahkan sampai khatam memiliki keutamaan yang besar terlebih dilakukan pada bulan Ramadhan. Khotmil qur’an sudah menjadi tradisi untuk warga Dusun Kendal Growong. Khotmil qur’an ini di laksanakan ba’da sholat tarawih di serambi masjid Al-Muslimin (27/4). Dalam kegiatan tersebut dihadiri oleh Kepala Desa, Kepala Dusun, Kepengurusan NU dan seluruh warga Dusun Kendal Growong.

gambar 1. Pembicara bapak KH Mujiharno 

Kegiatan Khotmil Qur’an dan pengajian ini dilaksanakan dalam rangka mengisi dan memeriahkan bulan suci Ramadhan 1443 H/2022. Meskipun sederhana namun tidak mengurangi dari tujuan utama yakni memuliakan bulan suci Ramadhan. Dalam kegiatan pengajian Khotmil Qur’an di Masjid Al-Muslimin Dusun Kendal Growong menghadirkan pembicara bapak KH Mujiharno dari Ngaglik Sleman, DIY. Berlangsungnya kegiatan pengajian khotmil Qur’an berjalan dengan lancar,aman dan sangat hikmad.

gambar 2. Sambutan Bapak Kepala Desa Pucungrejo

 

Dalam mengkhatamkan Al-Qur’an, terdapat empat (4) keutamaan yaitu:

1. Dengan mengkhatamkan Al-Qur’an merupakan amalan yang paling dicintai Allah.

2. Orang yang mengikuti khataman Al-Qur’an seperti mengikuti pembagian.

3. Mendapatkan do’a atau sholawat dari malaikat.

4. Mengikuti sunnah Rasulullah SAW.

Selain terdapat keutamaan juga dapat nilai-nilai yang bisa dipetik. Nilai-nilai tersebut salah satunya yaitu nilai kebersamaan. Karena dengan nilai kebersamaan tersebut hubungan antar warga, baik pemuda, orang tua, dan anak-anak dapat terjaga, sehingga dapat memupuk rasa kekeluargaan dusun Kendal Growong.

gambar 3. Jamaah Al-Muslimin Dusun Kendal Growong