Jelajah
SELAMAT DATANG DI LAMAN RESMI PEMERINTAH DESA PUCUNGREJO
IMG-LOGO
Berita Lokal

PENARIKAN MAHASISWA KKN UNS SURAKARTA SMART VILLAGE DI DESA PUCUNGREJO

Create By arinda 30 August 2022 Views
IMG

PUCUNGREJO – Pada hari Rabu (24/8) sebanyak 10 mahasiswa UNS yang telah menjalankan program di Desa Pucungrejo, Kecamatan Muntilan telah selesai melaksanakan kegiatan Kuliah Kerja Nyata (KKN) serta dilaksanakan penarikan mahasiswa KKN Universitas Sebelas Maret Surakarta.  Dimana program KKN tersebut bersinergi dengan Kementrian Desa (Kemendes) untuk menunjang “Smart Village” dan telah terlaksana mulai dari tanggal 14 - 24 Agustus 2022. Penarikan KKN ini diadakan secara luring di Balai Desa Pucungrejo dan secara daring melalui aplikasi Zoom Meeting dengan dihadiri Kepala Desa Pucungrejo dan jajarannya serta Duta Digital. Melalui program KKN yang merupakan salah satu mata kuliah wajib bagi mahasiswa khususnya S-1, diharapkan mahasiswa mendapatkan pengalaman belajar melalui keterlibatan secara langsung di masyarakat, memberikan kesempatan untuk mengembangkan pemikiran berdasarkan IPTEK dan multidisiplin.

 

 

 

       Program KKN yang dilaksanakan mahasiswa yaitu mulai dari bidang pendidikan, kesehatan, teknologi, budaya. Adapun program yang sudah terealisasi yaitu BEKARIS (Belajar Kosakata Bahasa Inggris), Workshop Nasional Jurnalisme Desa Cerdas Berbasis SEO untuk Pemasaran Produk Unggulan dan Optimasi Pengelolaan Website, Pojok Baca & Donasi Buku, Sosialisasi Penggunaan Sosial Media untuk mencegah Pornografi Anak di Internet, Pengarsipan Data Tanah Letter C, DIGI-GO, GELIAT (Gerakan Lawan Adiksi Dengan Art Therapy), Desain Balai Desa Pucungrejo, Vertical Garden, Pendampingan anak SD, Lomba Melukis Pot, Pembelajaran Edukasi, Metode Pembelajaran Video Animasi, PASSAR (Poc Solusi Sampah Rumah Tangga).

 

“Terima kasih kepada Pemerintah desa Pucungrejo lokasi KKN UNS yang telah memberikan kesempatan kepada adik-adik mahasiswa sehingga dalam 45 hari dapat belajar dan terjun langsung di masyarakat. Dalam pelaksanaan KKN ini, mudah-mudahan program-program yang telah dilakukan dapat membantu dalam pembangunan yang ada di desa," ungkap Pak Eksa pada saat Zoom Meet. 

Harapannya melalui program KKN terdapat sinkronisasi program yang berkelanjutan antara UNS dan Pemerintah Desa Pucungrejo. Serta selalu terjalin kerja sama yang baik agar pembangunan di desa dapat teratasi melalui akademisi muda.

“Melalui program KKN ini mahasiswa dapat belajar di masyarakat, semoga UNS dan pemdes di lokasi KKN selalu bersinergi untuk membangun Indonesia melalui program pengabdian masyarakat. Semoga mahasiswa sebagai salah satu agent of change di masyarakat melalui program KKN dapat selalu memberikan kebermanfaatan. KKN merupakan salah satu program pengabdian masyarakat di perguruan tinggi. Semoga mahasiswa KKN selalu mengabdikan diri bagi nusa dan bangsa serta dapat mengimplementasikan keilmuannya di masyarakat." ujar Kepala Desa Pucungrejo dalam memberikan sambutan.

           

       Acara penarikan dilanjutkan dengan penyerahan kenang-kenangan sebagai simbolisasi penerimaan  secara resmi mahasiswa peserta KKN Universitas Sebelas Maret Surakarta di Pemerintah Desa Pucungrejo.