Jelajah
IMG-LOGO
Berita Lokal

PENARIKAN SISWA PKL SMK ABDI NEGARA USAI TUNTAS TUGAS DI KANTOR PEMERINTAH DESA PUCUNGREJO

Create By arinda 27 April 2022 709 Views
IMG

Pucungrejo - Pemerintah Desa Pucungrejo telah menerima kunjungan Pelatihan Kerja Lapangan (PKL) sejak bulan Februari 2022. Siswa siswi SMK Abdi Negara melakukan Praktik Kerja Lapangan (PKL)  di Kantor Pemerintah Desa Pucungrejo. Adapun jumlah siswa yang PKL di kantor beranggotakan 4 siswa, Anang Wibowo, Farhan Novalianto, Lulu Alyanafizza, serta Shalzavina Pujanurista. Keberadaan siswa PKL ini cukup membantu tugas pekerjaan rutin setiap harinya di Pemerintahan Desa Pucungrejo.

gambar 1. Sambutan Kepala Desa Penarikan
siswa PKL
gambar 2. Penyerahan surat penarikan PKL

 

Tujuan Praktik Kerja Lapangan penting untuk diketahui para siswa. PKL merupakan kegiatan pendidikan dan pelatihan dengan bekerja secara langsung, secara sistematik dan terarah dengan supervise yang kompeten. Sehingga dapat disimpulkan bahwa tujuan dari PKL yakni meningkatkan kemampuan siswa. Dalam kegiatan PKL siswa mempelajari administrasi desa seperti membuat surat keterangan, pengarsipan surat, membuat pengantar surat kependudukan dan administrasi lainnya.

gambar 3. Penyerahan sertifikat kepada
siswa PKL

   

     

   

  

Hingga akhir penarikan siswa PKL tanggal 27 April 2022 oleh Guru Pembimbing  PKL dari SMK Abdi Negara. Kepala Desa Pucungrejo dalam sambutannya melepas siswa PKL menyampaikan bahwa apa yang telah didapatkan selama berada di Pemerintahan Desa dapat menjadikan pengalaman yang berharga serta dapat menambah pengetahuan dari penerapan teori yang dapat di sekolah. Pihak Pemerintah Desa Pucungrejo juga mengharapkan nantinya siswa PKL dapat mengaplikasikannya nanti pada tempat kerja mereka yang baru dengan berbekal apa yang telah mereka pelajari dari Kantor Desa Pucungrejo.

gambar 4. Penyerahan Bingkisan untuk Pemerintah Desa Pucungrejo
sebagai kenang-kenangan

Dalam penarikan PKL tersebut diadakan penyerahan sertifikat kepada siswa siswi PKL oleh Kepala Desa Pucungrejo. Yang merupakan bukti telah sukses dalam menjalankan PKL selama 3 bulan. Sebagai kenang-kenangan pihak SMK Abdi Negara menyerahkan bingkisan Pemerintah Desa Pucungrejo. Guru pembimbing PKL juga menyampaikan bahwa rasa terimakasih karena sudah menerima dan membimbing siswa siswi PKL dengan baik.