Jelajah
IMG-LOGO
Berita Lokal

RESMI ! LAYANAN MANDIRI BERBASIS ANDROID DICANANGKAN DI DESA PUCUNGREJO

Create By arinda 18 August 2022 218 Views
IMG

PUCUNGREJO - Pada saat ini Indonesia sedang memasuki era revolusi industri 4.0. Revolusi industri keempat atau Industri 4.0 secara umum digunakan untuk tingkat perkembangan industri teknologi. Pada tingkatan ini berfokus pada teknologi-teknologi yang bersifat digital, yang dimanfaatkan sebagai alat yang dapat membantu memudahkan aktivitas sehari-hari. Kemajuan reformasi birokrasi dibidang teknologi dalam memberikan pelayanan kepada masyarakat, semakin tampak setiap tahunnya. Pemanfaatan teknologi digital dalam pemberian pelayanan kepada masyarakat sudah sampai memodernisasi pelayanan publik tingkat desa. Salah satunya mewujudkan tata kelola pemerintah yang baik dan memberikan pelayanan, serta sebagai media komunikasi antara Pemerintah dan masyarakat. Berhubungan dengan hal tersebut Pemerintah Desa Pucungrejo menginisiasi untuk membuat aplikasi Pelayanan Mandiri untuk masyarakat Desa Pucungrejo berbasis Android.

      Sekda Kabupaten Magelang, Drs. Adi Waryanto menyampaikan bahwa pandemi Covid-19 mendorong pemerintah untuk cepat mengadopsi transformasi digital. Dia juga berharap kepada pegiat desa digital untuk terus mendorong dan mengembangkan masyarakat desa dengan potensi yang dimilikinya secara optimal. Lantaran peningkatan kualitas layanan bergantung pada para pegiatnya.

"Pemanfaatan teknologi digital merupakan salah satu untuk mewujudkan tata kelola pemerintahan yang baik serta sebagai media komunikasi antara pemerintah dan masyarakat," ujarnya mewakili Bupati Magelang dalam kegiatan Peresmian Kantor Kepala Desa dan Tempat Evakuasi Akhir (TEA) serta Launching E-Layanan Mandiri berbasis android di Desa Pucungrejo Kecamatan Muntilan Kabupaten Magelang, Minggu (14/8/2022) malam.

      Sementara itu, Sekretaris Dispermades Dukcapil Provinsi Jawa Tengah, Nurkholis  S.E., M.Si juga mengatakan, dengan adanya gedung baru balai desa Pucungrejo dan TEA Pucungrejo, nantinya pelayanan digital mandiri berbasis android bisa lebih ditingkatkan. Dia berharap, pelayanan ini tidak hanya sekadar berhenti di Pucungrejo, melainkan bisa berkembang ke desa-desa lain. Sehingga harapannya jika semua desa menjadi Smart Village dan semakin canggih maka masyarakat tidak perlu datang ke desa.

 

Bapak Kepala Desa pucungrejo Mukh Mak’ruf , ST juga mengungkapkan Pucungrejo harus lebih maju daripada desa-desa yang lain, baik dalam segi fisik Balai Desa maupun Tempat Evakuasi Akhir.

“Harapan Kami warga desa Pucungrejo akan lebih mudah dan lebih enak untuk mencari surat atau data yang biasanya datang ke Balai Desa ini tidak harus datang ke Balai Desa tapi bisa dari rumah. Jadi semua akan serba digital” Ujarnya.