Jelajah
SELAMAT DATANG DI LAMAN RESMI PEMERINTAH DESA PUCUNGREJO
IMG-LOGO
Berita Lokal

TIM MONEV ITJEN KEMENDESA APRESIASI KESIAPAN RUANG KOMUNITAS DESA DIGITAL DI DESA PUCUNGREJO

Create By arinda 16 June 2022 Views
IMG

PUCUNGREJO - Selasa (14/6) telah dilaksanakan pemeriksaan serta Monitoring dan Evaluasi (monev) oleh Itjen Kementrian Desa terhadap kondisi RKDD (Ruang Komunitas Desa Digital). Monev tersebut dilakukan sejak tanggal 13-16 Juni 2022. Monev tersebut dilakukan di tiga Kabupaten yaitu Kabupaten Boyolali, Magelang dan Banjarnegara. Pada Kabupaten Magelang dilakukan monev di Desa Borobudur dan Desa Pucungrejo. Peserta monev tersebut dihadiri oleh Kepala Desa dan Sekertaris Desa lalu Duta Digital, Kader Digital serta Relawan Digital.  

Kegiatan Monitoring dan Evaluasi atau yang sering dikenal dengan istilah monev mencakup mulai dari proses pengumpulan data realisasi program/kegiatan, pelaporan kegiatan, hingga penilaian dan evaluasi capaian kinerja. Monev bertujuan untuk membuktikan dan mempertanggungjawabkan kepada masyarakat atas penggunaan fasilitas yang dikelola (prinsip akuntabilitas) dan untuk menginventarisir faktor – faktor pendukung dan penghambat sebagai bahan evaluasi agar program/kegiatan selanjutnya dapat lebih berdayaguna dan berhasil-guna (prinsip efektivitas dan efisiensi). Oleh karena itu, pelaksanaan monev sangat krusial dalam penyelenggaraan pemerintahan yang berdasar pada Good Governance.

Diskusi Santai bersama Itjen Kemendesa

Pada kesempatan tersebut terdapat rangkaian kegiatan monev yaitu diskusi santai bersama Kepala desa serta Sekertaris Desa, Duta Digital dan kader digital terkait program Smart Village. Apasaja kegiatan program yang sudah berjalan di RKDD, motivasi, rencana kerja kedepannya di RKDD, kendala yang terjadi di lapangan. Dengan mengharapkan program ini mendapatkan dukungan yang sepenuhnya dari berbagai pihak yang terkait.

Pemerintah Desa Pucungrejo menurut Bapak Itjen Kemendesa sudah dikatakan sangat baik dan sangat siap dalam menghadapi Smart Village. Dari mulai memaksimalkan dengan memanfaatkan Website Desa untuk bertukar informasi atau memberi tahu apasaja kegiatan desa dan nantinya membantu meningkatkan ekonomi pedesaan, kemudian social media Pemerintah Desa seperti Instagram, Facebook, Youtube, Twitter yang berisi beberapa kegiatan yang ada di Dusun maupun Desa Pucungrejo tidak hanya itu tetapi terdapat Sosial Media untuk promosi UMKM disetiap dusun yang ada Desa. Pemerintah Desa Pucungrejo juga terdapat anjungan layanan mandiri yang nantinya masyarakat bisa melayani sendiri tanpa harus menunggu lama serta adanya pelayanan administrasi berbasis android yang nantinya masyarakat juga bisa melayani sendiri dari rumah.

 

#SMARTVILLAGE #KEMENDESPDTT #DESAPUCUNGREJO