Jelajah
IMG-LOGO
Berita Lokal

Berawal Dari Hobi, Hingga Omset Puluhan Juta

Create By Ifan 26 October 2023 180 Views
IMG

Semaken(26/10). Memelihara ikan adalah hobi yang asyik dan mudah dilakukan. Tak hanya itu, jika ditekuni, hobi tersebut juga bisa membawa keuntungan bagi sang pemilik ikan. 

 

Dampak turunan berupa datangnya cuan dari memelihara ikan sudah dibuktikan Ifan Andrey F (24) sejak 3 tahun lalu. Pria yang akrab disapa Andrey ini dikenal sebagai eksportir ikan hias jenis Channa di Magelang, Jawa Tengah, tepatnya di Dusun Semaken, Desa Pucungrejo, Kecamatan Muntilan, Kabupaten Magelang.

 

Awalnya, Andrey hanya seorang pria yang gemar memelihara Ikan Channa sebagai koleksi. Hobi dan bisnis itu ia jalani dengan sungguh-sungguh, Andrey sangat menjaga kualitas dalam ikan yang dia jual, karena hal tersebut banyak pembeli yang datang dari luar negeri karena melihat konten-konten beliau di media soaialnya, Sehingga beliau bisa menembus pasar ikan hias Internasional terkhususnya jenis Ikan Channa, Dan tidak main-main omset yang dihasilkan selama sebulan bisa mencapai puluhan juta dari ekspor Ikan Channa, dan tak jarang banyak konten kreator yang datang meliput usahanya.

 

 "Ya kan saya jualan berawal dari hobi, pastinya saya sangat menjaga kualitas ikan yang saya jual, jadi saya bisa menembus pasar menengah ke atas yang memang cari kualitas bukan kuantitas, awalnya saya hanya menguploudnya di instagram, tak tau kenapa banyak orang luar yang chat saya melalui dm dan ingin membeli ikan saya tersebut, mungkin dari konten saya itu, banyak youtuber juga yang penasaran datang ngonten disini" ujarnya.

 

Dengan terus menjaga kualitas ikan yang dipasarkan, di masa depan bukan tidak mungkin Pasar Ikan Hias khususnya Ikan Channa akan lebih populer seperti halnya ikan Arowana yang sudah dikenal di Indonesia maupun di Mancanegara. (IAF)