Jelajah
IMG-LOGO
Berita Lokal

KEMENTERIAN DESA MENYELENGGARAKAN BIMTEK KADER DIGITAL, DESA PUCUNGREJO: GO SMART VILLAGE !

Create By ADMIN 25 April 2022 535 Views
IMG

Yogyakarta - Pusat Pengembangan Daya Saing Desa, Daerah Tertinggal, dan Transmigrasi Kementerian Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal, dan Transmigrasi menyelenggarakan Bimbingan Teknis (Bimtek) bagi para Kader Digital  program Desa Cerdas. Kegiatan ini berlangsung selama 1 (satu) minggu secara luring, pada tanggal 8 – 14 April 2022 sedangkan gelombang kedua dilaksanakan secara daring pada 18 - 22 April 2022. Dimana kegiatan Bimtek ini dibagi menjadi 3 Region yaitu Region Bandung, Yogyakarta dan Bali. Untuk Region Yogyakarta diadakan di Hotel Sagan Heritage Yogyakarta dan terdapat 150 Kader Digital yang ikut menghadiri.

Gambar 1. Bimbingan Teknis Kader Digital

 

Kegiatan Bimtek ini merupakan pembekalan kepada Kader Digital guna peningkatan kapasitas Kader Digital dalam rangka pelaksanaan program Desa Cerdas. Kader Digital nantinya akan banyak berinteraksi dengan desa. Maka, mereka perlu aktif di desa masing-masing. Yang nantinya kader digital akan membaur dengan masyarakat, maka dari itu kader digital harus mengetahui banyak hal apa yang terjadi di desa. Maka mereka juga perlu aktif di berbagai aktivitas kemasyarakatan di desa, baik dalam kegiatan maupun proses perencanaan. Desa menjadi tumpuan pembangunan nasional, keberhasilan desa secara akumulatif akan mendorong kelangsungan ekonomi nasional maka posisi desa sungguh penting, desa perlu dikembangkan secara inovatif menuju desa cerdas atau smart village.

Gambar 2. Pemaparan materi dari narasumber

 

Desa Cerdas merupakan desa yang mampu meningkatkan kesejahteraan dan kualitas hidup masyarakat melalui pemanfaatan teknologi dalam berbagai aspek pembangunan desa. Desa cerdas sendiri bukan hanya sekedar berkait dengan digitalisasi saja,melainkan difokuskan 6 pilar indikator desa cerdas yaitu masyarakat cerdas (smart people), pemerintah cerdas (smart government), ekonomi cerdas (smart economy), lingkungan cerdas (smart environment), kehidupan cerdas (smart living), mobilitas cerdas (smart mobility). Smart Village atau Desa Cerdas nantinya akan di desain sebagai pusat kreativitas masyarakat antara kegiatan ekonomi produktif dan kreatif, peningkatan pendidikan dan kesehatan, upaya pengentasan kemiskinan, dengan smart village ini kedepannya peran pemerintah desa lebih dioptimalkan agar dapat mengelola sumberdaya desanya secara efektif, efisien dan berkelanjutan. Desa Cerdas menjadi kerangka kerja untuk membangun akuntabilitas, peran, dan otoritas pengambilan keputusan untuk organisasi berbasis digital melalui media situs web, seluler, media sosial, dan produk serta layanan lain yang didukung oleh jaringan internet dan web.

Gambar 3. Sambutan Penyelenggara

 

Sehingga diharapkan selama kegiatan Bimtek Kader Digital dapat memperoleh ilmu dan wawasan yang nantinya dapat diimplementasikan dengan baik sehingga bisa melaksanakan program ini dengan baik, dapat memaksimalkan apa yang ada di desa, serta membuat kemajuan-kemajuan yang lebih baik dengan saling bersinergi. Serta Kader Digital bisa paham apa yang terjadi di desa, mulai dari penyusunan program desa dalam APBDes, perencanaan di RPJMDes dan RKB, agar kegiatan program Desa Cerdas ini bisa dimasukkan ke dalam proses perencanaan pembangunan kemudian dieksekusi hingga berhasil dan sukses.